Analisis Komparatif Akurasi dan Relevansi Alat AI Versi Gratis ChatGPT dan Gemini dalam Menyelesaikan Tugas Siswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Alat AI seperti ChatGPT, Gemini mengubah cara mahasiswa di Universitas Nusa Putra menyelesaikan tugas akademik. Namun, keberagaman model AI ini menimbulkan kebingungan terkait akurasi dan relevansi. Penelitian ini bertujuan membandingkan ketiga alat AI tersebut, menganalisis efektivitasnya dalam menyediakan informasi yang akurat dan relevan untuk tugas mahasiswa.
Dengan metode kualitatif, data dari mahasiswa Universitas Nusa Putra akan dikumpulkan melalui wawancara, survei, dan studi kasus, berfokus pada penerapan praktis alat-alat ini dalam konteks akademik. Studi ini juga akan mengkaji dampak AI terhadap integritas akademik dan kedalaman pembelajaran. Melalui identifikasi kekuatan dan keterbatasan masing-masing alat, penelitian ini akan memberikan rekomendasi untuk membantu mahasiswa memilih model AI yang paling sesuai untuk keperluan akademik.
Rincian Artikel
Referensi
Sobaih, A. & Abuelnasr, M., "Graduate students' perceptions of ChatGPT and Gemini in learning contexts in Egyptian higher education," JOURNALS.SFU.CA, 2025.
Rane, A., et al., "Performance evaluation of Gemini and ChatGPT: Applications, architecture, capabilities, and implementation," RESEARCHGATE.NET, 2024.
Lee, J., et al., "Comparison of classification performance of Gemini Pro and GPT-4V in educational settings," ARXIV.ORG, 2023.
Simas da Silva, G. & Ulbricht, V. R., "Learning with Conversational AI: ChatGPT and Bard/Gemini in Education," Artificial Intelligence for Supporting Human Cognition and Exploratory Learning in the Digital Age, August 2024, link.springer.com.