Menganalisis User Interface pada Aplikasi ECommerce Lazada menggunakan Metode Heuristic
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam membangun sebuah aplikasi Ecomerce, mengingat semakin efektif dan efisiennya suatu desain antar muka maka semakin betah pula para pengguna untuk berlama lama dalam menggunakan aplikasi tersebut. Lazada ialah salah satu E-Comercce pusat belanja online di Indonesia yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Pria, Peralatan Rumah Tangga, Kesehatan, Kecantikan, Bayi & Mainan Anak, Olahraga & Travel, Groceries Page 2 90 (Grosir), Otomotif & Media. Berawal dari kecurigaan penulis mengenai semakin jarangnya orang yang menggunakan aplikasi lazada didaerah penulis, dan hal ini dibuktikan pula dengan jawaban dari responden yang kurang tertarik terhadap aplikasi tersebut. Sehingga penulis melakukan analisa atau penelitian ini yang difokuskan pada evaluasi tampilan antar muka pada aplikasi Lazada. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi Heuristic (Jakob’s Ten Usability Heuristics) juga metode penelitian deskriptif. Dimana evaluasi ini memiliki 10 poin. Aplikasi ini di evaluasi dimulai dari design dan berbagai fitur yang ada pada aplikasi Lazada. Dan metode penelitian deskriptif ini lebih mengacu pada menjelaskan suatu peristiwa yang sedang berlangsung pada saat ini dan juga pada masa lampau, jadi mengapa kami menggunakan metode ini karena tujuan kami yaitu mengevaluasi dari aplikasi lazada yang sudah ada dan sedang berjalan. Harapannya, kami bisa mendapatkan hasil sumber masalah, pembahasan hingga solusi dari evaluasi tersebut. Sehingga akan ada berbagai rekomendasi untuk dijadikan sebagai perbaharuan bagi aplikasi tersebut,agar perusahaan maupun pengguna bisa lebih baik.