Analisis Monitoring Sistem Keamanan Jaringan Komputer menggunakan Software NMAP (Studi Kasus Jaringan di Universitas Nusa Putra)

Isi Artikel Utama

Anggun Fergina
Moch Ichwan Setia
Maulana Yusuf
M. Azmi Fauzan
Dini Aryani
Siti Farda Maulina

Abstrak

Keamanan Jaringan  dalam jaringan komputer sangat penting dilakukan untuk memonitor akses jaringan dan mencegah penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak sah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeteksi port terbuka, mengetahui perangkat keras dan perangkat lunak yang dipakai dalam jaringan, me-monitoring jaringan dengan melakukan network scanning dan port scanning serta dapat mengeksplorasi sistem keamanan jaringan dan mengaudit keamanan jaringan yang digunakan. Sistem keamanan jaringan alias network security system merupakan perangkat yang bertugas untuk menghindari aktivitas tidak sah atau ilegal dalam sebuah jaringan komputer. Aktivitas tersebut berupa penyelundupan sebuah jaringan dengan tujuan mencuri data atau menanam virus di dalamnya. Jaringan komputer atau (computer network) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).  NMAP adalah singkatan dari Network Mapper yang merupakan sebuah tool atau alat yang bersifat open source. Alat ini hanya digunakan secara khusus untuk eksplorasi jaringan serta melakukan audit terhadap keamanan dari jaringan.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fergina, A., Setia, M. I., Yusuf, M., Fauzan, M. A. ., Aryani, D. ., & Maulina, S. F. . (2023). Analisis Monitoring Sistem Keamanan Jaringan Komputer menggunakan Software NMAP (Studi Kasus Jaringan di Universitas Nusa Putra). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi, Mekatronika, Dan Ilmu Komputer, 2. Diambil dari http://prosiding.sentimeter.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/45
Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Anggun Fergina, Universitas Nusa Putra

 

 

 

Moch Ichwan Setia, Universitas Nusa Putra

 

 

Maulana Yusuf, Universitas Nusa Putra

 

 

M. Azmi Fauzan, Universitas Nusa Putra

 

 

Dini Aryani, Universitas Nusa Putra

 

 

Siti Farda Maulina, Universitas Nusa Putra